2018, BLK Kendari buka 171 paket pelatihan

id blk-pelatihan

ilustrasi (foto Antara)

Kendari (Antaranews Sultra) - Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) selama tahun 2018 itu akan membuka 171 paket pelatihan keterampilan yang terbagi dalam empat kegiatan pelatihan di provinsi maupun dilaksanakan di kabupaten/kota dengan menghasilkan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK).

Kepala BLK Kendari, Ny Andi Asriani Koke, di Kendari Selasa mengatakan, dari 171 paket pelatiha tersebut, meliputi 54 paket institusional yang kesemuanya dilaksanakan di BLK Kendari, 84 paket dilaksanakan di Kabupaten Kota di Sultra, 26 paket di laksanakan di UPTD binaaan BLK Kolaka dan 7 paket di BLK Laine Konawe Selatan.

"Jadi semua pelatihan itu adalah pelatihan berbasis kompetensi, dan setelah usai pelatihan para alumni akan disertifikasi berupa uji kompetensi sesuai kejuaran yang di ikuti masing-masing peserta," ujarnya.

Menurut Asriani, saat ini BLK Kendari memiliki 13 kejuruan dan hingga saat ini sedang di buka 10 paket pelatihan dengan 7 kejuruan dan rencananya akan di buka pelaksanaka tugas Gubernur Sultra pada 24 Januari 2018.

"Hinga detik ini tercatat ada sebanyak 419 orang yang sedang mengikuti tes umum dan bakat (wawancara) hingga menghasilkan sebanyak 160 orang," ujarnya seraya menambahakan bahwa proses pendaftaran peserta hingga akan memasuki tahap penjaringan dilakukan secara terbuka dan gratis.

Ia juga menambahkan bahwa BLK Kendari, di bawah Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia memberi kesempatan bagi khusus kaum anak muda-mudi khususnya di Sulawesi Tenggara dengan beberapa kejuruan yang ada.

"Selama ini dari 13 kejuruan yang disediakan ada 7-8 yang dominan diminati yakni pelatihan sepeda motor, elektronika, pengolahan hasil pertanian, perhotelan, bordir/ menyulam, instalasi penerangan, dan gambar bangunan/autocad," kata Andi Asriani.

Sementara lama belajar, waktunya bervariasi mulai dari 30 hari hingga ada yang mencapai tiga bulan tergantung kejuruan yang dipilih dari peserta pelatihan, dan setiap peserta mendapatkan uang transportasi dan makan siang.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar