TPID Sultra Imbau Pedagang Tidak Timbun Barang

id timbun-barang

Ketua TPID Sultra, Lukman Abunawas. (foto Antara)

Kendari, Antara Sultra - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulawesi Tenggara mengimbau para pedagang agar tidak melakukan penimbunan barang menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

"Kami berharap kepada pedagang agar tidak melakukan spekulasi menimbun barang yang bisa memicu kenaikan harga jelang Natal dan Tahun Baru," kata Ketua TPID Sultra, Lukman Abunawas di Kendari, Jumat.

Dikatakan, berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tradisional dan pusat distributor menunjukan ketersediaan barang kebutuhan pokok sangat mencukupi menjelang perayaan Natal dan tahun baru.

"Kalau melihat kondisi saat ini maka tidak ada alasan pedagang melakukan spekulasi timbun sembako, karena stok mencukupi," katanya.

Lukman mengatakan, untuk mengantisipasi adanya oknum yang melakukan penimbunan barang maka akan berkoordinasi dengan tim Satgas Pangan ikut melakukan pemantauan.

"Jadi kita ingin menyelamatkan konsumen dari ulah orang-orang tidak bertanggung jawab yang mencoba berspekulasi mencari keuntungan sesaat," katanya.

Terkait kondisi fluktuasi harga, pihaknya intens melakukan pemantauan melalui dinas terkait yang tergabung di TPID yakni Dinas Perindag Sultra.

"Kami menurunkan tim secara rutin melakukan pengawasan di pasar. Jadi masyarakat tidak usah khawatir terjadi kelangkaan barang atau kenaikan harga secara signifikan," katanya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar