Konawe Utara Angkat Pariwisata Melalui "Festival Konasara"

id konut-festival

Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, mengangkat potensi wisata di daerah itu melalui kegiatan Festival Konasara yang akan dimulai 31 Desember 2017 sampai 6 Januari 2018.

Bupati Konawe Utara, Ruksamin, di Kendari, Jumat, mengatakan disela-sela kegiatan Festival Koansara ada upaya mempromosikan potensi wisata masing-masing, termasuk bagaimana mengoptimalkan pengembangan pariwisata.

"Melalui kegiatan ini kami ingin menarik minat wisatawan untuk berkunjung di Konawe utara menyaksikan potensi pariwisata yang ada di Konawe Utara," kata Ruksamin.

Menurut Ruksamin, salah satu tujuan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pencitraan negara Indonesia sebagai negara yang mempunyai destinasi pariwisata yang indah, aman, nyaman dan eksotik untuk dikunjungi bagi wisatawan mancanegara wisatawan nusantara.

"Kami akan menyediakan ruang promosi produk UMKM, produk pariwisata, produk perdagangan produk kelautan dan perikanan, produk pertanian dan perkebunan, seni adat istiadat dan budaya Sultra khususnya Kabupaten Konawe Utara," katanya.

Tujuan lain katanya, menarik investor dan wisatawan yang berkunjung di Konawe Utara sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi rakyat.

Disebutkan, beberapa objek wisata yang ada di Konawe Utara yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara adalah Pulau Labengki, kemudian ada Objek Wisata Pemandian Air Panas Wawolesea, Pantai Taipa dan Pantai Puudonggala.

Sedangkan kegiayan lain pada Festival Konasara kata Ruksamin yakni Kirab budaya (mosehe wonua), pengukuhan lembaga adat dan seminar budaya, lomba/pertunjukan seni budaya (tari lulo/lariangi, musik gambus dan mombesara), lomba karya tulis.

Kemudian lomba olahraga tradisonal seperti enggrang dan main hadang, kemudian voli pantai dan futsal pantai, lomba pemilihan Luale Anandonia Konasara, lomba fotografi, lomba kuliner, lomba balap perahu katinting, lomba perahu hias, lomba tarik tambang perahu, pesta lampion 11.000 buah dan tari lulo menelusuri Pantai Taipa-Pantai Laimeo.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar