BI Sultra: Waspadai Uang Palsu Jelang Natal

id uang-palsu

Kendari, Antara Sultra - Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengingatkan kepada masyarakat setempat untuk mewaspadai peredaran uang palsu menjelang Natal dan Tahun Baru 2018.

"Dalam setiap kesempatan kami mengimbau masyarakat agar benar-benar teliti dan mewaspadai beredarnya uang palsu yang dilakukan oleh oknim yan tidak bertanggungjawab," kata kepala BI Sultra, Minot Purwahono, di Kendari, Jumat.

Dikatakan, jelang hari aya terkadang masyaralat tidak teliti dan kurang waspada saat lakukan transaksi atau menerima uang dengan berbagai alasan tertentu.

"Kasus yang terjadi baru-baru ini di wilayah Kabupaten Konawe menjadi bukti bahwa sudah ada oknum tertentu yang memanfaatkan momen mendekati natal untuk mengedarkan uang palsu dengan modus belanja di kios-kios kecil di pinggir jalan," katanya.

Ia mengaku, tetap konsen melakukan pengawasan untuk meminimalisasi adanya oknum yang melakukan peredaran uang palsu.

"Kami juga intens melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengenal keaslian rupiah," katanya.

Ia menambahkan, hukuman bagi pelaku yang mengedarkan dan membelanjakan uang Rupiah palsu berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dipidana penjara paling lama 15 tahun dan denda sebesar Rp50 miliar.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar