Mahasiswa UHO Peringati Hari Tanah Sedunia

id peringati-tanah

Mahasiswa UHO Peringati Hari Tanah Sedunia

Mahasiswa UHO Fakultas Pertanian berjalan kaki dengan membawa spanduk dalam rangka peringatan Hari Tanah se-Dunia di Kendari, Selasa. (Foto ANTARA/ LM Aminudin)

Kendari (Antara Sultra) - Mahasiswa Jurusan Ilmu Tanah pada Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo (UHO) memperingati Hari Tanah Dunia dengan melakukan kampanye untuk tidak mencemari tanah dengan sampah.

Ketua Jurusan Ilmu Tanah Zulfikar mengatakan, kegiatan memperingati hari tanah se-dunia ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Ilmu Tanah bersama seluruh mahasiswa lain dari perguruan tinggi tersebut. 

"Peringatan Hari Tanah Dunia adalah kegiatan tahunan jurusan Ilmu tanah fakultas Pertanian. Yang kami lakukan saat ini adalah bagaimana tanah itu bisa diselamatkan, mahasiswa kami memungut sampah plastik, bagaimana kita ketahui bersama bahwa sampah ini tidak bisa terurai oleh tanah," katanya. 

Rute kampanye peringatan Hari Tanah se-dunia dimulai dari pertigaan kampus baru dan berakhir di Fakultas Pertanian, dengan jumlah peserta yang mencapai 160 mahasiswa dari semua angkatan yaitu 2016 dan 2017. 

"Kami memilih rute di depan kampus ini karena prihatin dengan kondisi kebersihannya, kok sampah-sampah dibuang di depan kampus, ini kan tidak mencontohkan kecintaan mahasiswa terhadap kampusnya," lanjutnya.

Melihat kondisi saat ini diberbagai daerah di seluruh Indonesia banyak sekali terjadi bencana alam, seperti tanah longsor dan banjir. Ini merupakan akibat dari pola hidup masyarakat yang tidak menjaga kelestarian alam dan tanahnya. 

"Kami sadar akan pentingnya kondisi tanah yang baik dalam kehidupan, maka dari itu menjaga kelestarian tanah bagian dari langkah untuk menyelamatkan bumi kita dari bencana alam di masa depan," tutupnya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2021