Kantor Imigrasi Kendari Terapkan Pelayanan Paspor "online"

id paspor

Ilustrasi. (Foto ANTARA)

Kendari, Antara Sultra - Kantor Imigrasi Kelas I Kendari, Sulawesi Tenggara, menerapkan pelayanan paspor dalam jaringan (daring) atau "online" sebagai komitmen meningkatkan pelayanan.

Kepala Kantor Imigrasi Kendari Adhar di Kendari, Jumat (17/11), mengatakan pemohon paspor meningkat signifikan dari waktu ke waktu sehingga harus direspons dengan pelayanan maksimal.

Menurut dia, sebenarnya pengurusan paspor secara "online" sudah diidam-idamkan sejak lama namun harus dikaji secara cermat dan rekomendasi dari kantor pusat dalam hal ini Kementrian Hulum dan HAM.

Adhar yang didampingi Kasubsi Perizinan Idris Adrian menyebutkan beberapa keunggulan aplikasi antrean pengurusan paspor adalah tidak terjadi penumpukkan pemohon di kantor imigrasi dan pemohon dapat menentukan sendiri waktu pengurusan.

"Pemohon dan pelayan sama-sama diuntungkan dengan diterapkan pengurusan paspor secara `online`. Pemohon tidak menumpuk dan pelayan tidak jauh dari tudingan kolusi," kata Adrian.

Sebelum aplikasi pengurusan paspor diterapkan, kata Adrian, terlebih dahulu Kantor Imigrasi Kendari melakukan sosialisasi dengan sasaran yayasan pengelolah umrah dan haji, pengerah jasa tenaga kerja, dan masyarakat umum.

Data Kantor Imigrasi Kendari menyebutkan pemohon paspor dari waktu ke waktu meningkat signifikan hingga 1 bulan terakhir mencapai 1.003 orang.

"Kalau dirata-ratakan setiap hari pemohon penerbitan paspor maupun pergantian sebanyak 70 orang. Dominan tujuan umrah dengan usia dewasa," kata Adrian.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar