Kendari Imbau Petani Terapkan Pola Pertanian Terintegrasi

id pertanian

Ilustrasi. (Foto ANTARA)

Kendari (Antara Sultra) - Pemerintah Kota Kendari, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan mengimbau para petani di daerah itu untuk mengembangkan pola pertanian terintegrasi.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kendari, Sitti Ganef di Kendari, Kamis, mengatakan pertanian terintegrasi adalah menanam tanaman lain di lahan tanaman yang sudah ada sehingga petani tidak hanya mendapatkan hasil dari satu jenis tanaman.

"Kalau ini bisa dilakukan petani tentunya akan meningkatkan pendapatan mereka sehingga kesejahteraan petani meningkat pula," katanya.

Dikatakan, dengan pola pertanian terintegrasi maka akan ada pendapatan alternatif petani ketika satu jenis tanaman tidak berprodukssi atau belum panen sementara tamanan lain ada yang panen.

"Misalnya untuk petani pala dan lada, bisa juga ditanami jenis tanaman pajale," katanya.

Contoh lain kata Ganef, lahan peranian keapa bisa ditanami jagung disela-sela tanaman sehingga hasil panen yang ditunggu bisa beragam.

"Intinya tanaman pangan dan tanaman perkebunan bisa diintegrasikan dalam satu lahan yang sama, tinggal diatur sistem tanamnya agar bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan," katanya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar