Dua Desa Dijadikan Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan

Pewarta : id sadar-kerja

ilustrasi (foto Antara)

Kolaka, Antara Sultra - Dua desa di Kabupaten Kolaka yaitu Desa Pewutaa dan Desa Ulubaula dijadikan desa percontohan sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei usai meresmikan desa itu, Selasa, mengatakan, di Sulawesi Tenggara hanya ada tiga desa yang mendapat predikat itu dari BPJS Pusat khususnya di bidang ketenagakerjaan.

"Yang membanggakan dua desa itu berada di Kolaka," katanya.

Menurutnya pemberian predikat itu didasari pada kriteria kesadaran masing-masing warga masyarakat dan kepala desa akan manfaat perlindungan tenaga keja dari BPJS.

Untuk langkah selanjutnya kata Safei mengharapkan semua desa yang ada di kabupaten itu bisa mengikuti dua desa yang telah ditetapkan sebagai daerah sadar jaminan tenaga kerja.

"Pemerintah mengharapkan semua ini bisa terlaksana dengan desa lainnya sehingga semua masyarakat bisa menerima manfaat dari program itu," jelasnya.

Sementara Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kendari La Uno mengatakan pemberian penghargaan desa sadar ini merupakan salah satu wujud dan komitmen BPJS Ketenagakerjaan dalam hal peduli akan kesadaran kepala desa dan juga aparatnya akan pentingnya perlindungan diri dan pekerja.

"Kami berharap kepala desa dan aparat bisa menjadi agen edukasi kepada masyarakatnya akan arti penting jaminan ketenagakerjaan baik pekerja formal maupun nonformal," katanya.

Peresmian dua desa itu sebagai desa sadar peserta ketenagakerjaan, Bupati Kolaka beserta jajaran aparat Pemerintah Kabupaten dan desa memberikan secara simbolis kartu peserta BPJS ketenagakerjaan kepada masyarakat.
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar