Bpjs Ketenakerjaan Kendari Buka Akses Daring

Pewarta : id budaya-bpjs

ilustrasi (foto Antara)

Kendari, Antara Sultra - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Kendari, Sulawesi Tenggara, kembali memberikan kemudahan akses bagi pekerja di sektor informal dengan membuka web dalam jaringan (daring) yang mudah diakses melalui handphone dan komputer.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kendari, La Uno di Kendari, Jumat mengatakan, dengan mengakses link yang baru ini semua pekerja dimana saja sudah bisa mengirim data sesuai dengan peruntukaannya dengan hanya mengetik bpjsketenagakerjaan.co.id atau mengunjungi langsung bpjsketenagakerjaan.co.id dengan memilih menu daftar.

Ia mengatakan, dengan aplikasi BPU web mobile ini para pekerja mandiri hanya cukup login dengan NIK KTP, selanjutnya pekerja dapat memilih program jaminan yang diinginkan, kemudian submit untuk pembayaran beberapa bulan atau pertahun.

"Sektor pekerja yang dimaksud adalah seperti petani, tukang ojek,nelayan,sopir mobil, hingga atlet. Program ini memberikan perlindungan yang sama bagi pekerja di sektor formal dengan besar iuran yang tidak jauh berbeda," ujaranya.

La Uno mengungkapkan bahwa aplikasi BPU Web Mobile inilah memberi kemudahan bagi para pekerja mandiri, yang akan mempermudah masyarakat untuk mendaftar sebagai nasabah BPJS Ketenagakerjaan.

Di bagian lain, penata Madya SDM Kantor Cabag BPJS Ketengakerjaan Kendari, Erwin Baharuddin menjelaskan, bahwa proses yang sangat mudah ini sangat menguntungkan bagi para pekerja mandiri untuk masa depan. Karena sebagai masyarakat pekerja mandiri harus lebih sadar akan resiko mendatang atas pekerjaan yang dilakukan, seperti kecelakaan atau bahkan meninggal dunia.

"Ketika mengakses aplikasi ini akan muncul virtual akun atau kode pembayaran. Jadi tidak perlu lagi datang kekantor, program ini kami telorkan demi mempermudah pekerja untuk menjadi nasabah yang tidak perlu datang ke kantor kami kemudian kartu BPJS Ketenagakerjaannya nanti akan di kirim sesuai dengan alamat," ungkapnya.

Erwin juga menjelaskan untuk pembayaran tagihan, BPJS Ketenagakerjaan telah bekerjasama dengan pihak bank yang ada di Kendari seperti, BNI, BTN, Mandiri, dan BRI.

Bagi nasabah BPJS Ketenagakerjaan dapat langsung membayar melaui via ATM atau langsung ke teller tiap bank dengan kode pembayaran yang telah diperoleh saat login pada aplikasi.

"Bagi pekerja khususnya pekerja bukan penerima upah diharapkan lebih sadar akan tingkat resiko dalam kehidupan kita, alangkah lebih bagusnya kalau ada perlindungan untuk mengatasi hal itu, sebab besar dan kecilnya pasti ada tingkat resiko olehnya itu sangat tepat bila kita dilindungi," tutupnya.
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar