Warga Pesisir Konawe Kepulauan Pastikan Usaha Perikanan

id ikan-budi

ilustrasi (foto Antara)

Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan warga yang berada di kawasan pesisir pantai utara dan barat tetap berorientasi pada pengembangan usaha pengolahan perikanan guna meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

"Usaha pengelolaan perikanan memiliki potensi ekonomi menjanjikan di Konawe kepulauan, karena ditunjang dengan ketersediaan bahan baku yang melimpah, sehingga perlu ada keberlanjutannya," kata bupati Konawe Kepulauan melalui Kabag Humas, Muhamammad Arsad melalui pesan WhatsApp yang diterima di Kendari, Rabu.

Ia mengatakan, keberadaan Konawe Kepulauan dari salah satu wilayah otonomi baru Sultra memberikan peluang besar untuk berkembangnya usaha pengelolaan perikanan demi kesejahteraan masyarakat setempat.

Pemkab Konkep, kata bupati memberikan dorongan kepada warga atau nelayan agar usaha pengelolaan perikanan itu bisa menjadi usaha primadona yang bisa dikerjakan dalam bentuk kelompok usaha bersama.

"Pemerintah Konawe Kepulauan hingga saat ini masih membina kelompok-kelompok usaha pengolahan perikanan agar mereka berkembang dengan harapan bisa memberi nilai tambah bagi kesejahteraan ekonomi mereka," katanya.

Dikatakan, perkembangan pelaku bina usaha pengolahan perikanan saat ini relatif cukup bagus dan tumbuh di masyarakat, sehingga bisa menopang pendapatan ekonomi bagi keluarga dan usaha kelompok lainnya.

Ia juga berharap, para kelompok pengolahan usaha perikanan dapat meningkatkan produksi sehingga bisa memenuhi permintaan pasar baik lokal, antarpulau maupun untuk ekspor.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar