Susi Ajak Mahasiswa Akademisi Sultra Jaga Laut

id laut

Susi Ajak Mahasiswa Akademisi Sultra Jaga Laut

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti. (Foto ANTARA)

Kendari (Antara Sultra) - Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pujiastuti meminta kalangan mahasiswa dan akademisi di Sulawesi Tenggara (Sultra) ikut menjaga laut yang ada di wilayah provinsi kepulauan itu.

"Mahasiswa menjadi poros terpenting untuk menumbuhkan semangat menjaga keamanan laut dan perikanan Indonesia," kata Susi saat memberikan kuliah umum kemaritiman di Universitas Halu Oleo Kendari, Sultra, Sabtu.

Sebagai negara maritim, kata Susi Indonesia memiliki kekayaan hasil laut, tetapi karena pencurian ikan atau "illegal fishing" sudah lama terjadi dan merugikan Indonesia.

"Untuk sisi peraturan sudah lengkap hanya saja belum berani yang mengeksekusi. Lalu, ketika saya menjadi menteri lewat undang-undang itu bisa menenggelamkan kapal asing yang tanpa izin melakukan pencurian ikan," katanya.

Susi mengaku selama menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan sudah meneggelamkan 317 kapal asing yang selama ini melakukan pencurian di laut Indonesia.

"Soal illegal fishing, saya konsisten melakukan tindakan tegas. Bahkan dalam waktu dekat akan ada sekitar 100 kapal yang ditenggelamkan. Kapal kapal itu berasal dari berbagai negara, yakni Vietnam, Thailand dan China dengan kapasitas berbeda," katanya.

Susi juga berhadap pemda dan aparat keamanan di Sultra bersinergi sama-sama menjaga kedaualatan laut Indonesia.

"Kedaulatan laut itu sangat penting di mana kita harus memastikan wilayah laut kita berdaulat penuh," katanya.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar