Buton Utara Canangkan Kampung KB Banubanua Jaya

id buton

Bupati Buton Utara, Abu Hasan saat canangkan Desa Banubanua Jaya menjadi Kampung KB tingkat Kecamatan Kulisusu, Senin. (Foto ANTARA/ Suparman)

Buranga (Antara Sultra) - Pemerintah Kabupaten Buton Utara, mencanangkan Desa Banubanua Jaya sebagai kampung KB tingkat Kecamatan Kulisusu.

Pencanangan tersebut dilakukan oleh Bupati Buton Utara Abu Hasan dan dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Sultra Ali Ismail, Ketua TP PKK Buton Utara Sitti Rabiah Abu Hasan, unsur pimpinan satuan kerja perangkat daerah di Buton Utara, kades Banubanua Jaya, dan masyarakat Desa setempat, Senin.

Abu Hasan mengatakan, pencanangan kampung KB merupakan program nasional pemerintah pusat dalam rangka menyukseskan program kependudukan dan keluarga berencana.

"Karena itu saya berharap kepada seluruh stakeholder untuk mendukung dan menyukseskan program ini," katanya lagi.

Menurut dia, kampung KB juga merupakan upaya memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh berbagai pelayanan berkaitan dengan program kependudukan dan keluarga berencana.

"Saya berharap kepada seluru pemangku kepentingan untuk berperan aktif untuk keberhasilan program ini, dengan cara menyelaraskan kebijakan yang ada melalui pembinaan dan peningkatan kepesertaan KB," kata dia pula.

Kepala BKKBN Sultra Ali Ismail mengatakan saat ini terus mendorong pembentukan kampung KB pada 212 kecamatan se-Sultra yang merupakan target tahun 2017.

"Saat ini hampir setiap hari ada pembentukan atau pencanangan kampung KB tingkat kecamatan di beberapa kabupaten dan kota, sehingga kami yakin sebelum akhir tahun semua kecamatan di Sultra sudah terbentuk kampung KB," katanya lagi.

Menurut dia, kampung KB tersebut dibentuk sebagai pendorong keberhasilan program kependudukan dan keluarga berencana yang beberapa tahun terakhir mengalami penurunan, sehingga Program KB harus kembali digaungkan mulai dari tingkat desa atau kelurahan melalui pembentukan kampung KB.

"Pada tahun 2016, ditargetkan setiap kabupaten dan kota memiliki satu kampung KB, kemudian tahun 2017 ditargetkan semua kecamatan memiliki satu kampung KB, dan tahun 2018 semua desa dan kelurahan ditetapkan menjadi kampung KB," katanya pula.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar