Selasa, 24 Oktober 2017

Senator Serap Aspirasi Warga Terkait Harga Pupuk

id pupuk
Senator Serap Aspirasi Warga Terkait Harga Pupuk
Anggota DPD RI asal Sultra, H.Yusran A Silondae. (Foto ANTARA/ Azis Senong)
Kendari, Antara Sultra - Anggota DPD RI asal Sulawesi Tenggara H Yusran A Silondae melakukan kunjugan ke sejumlah desa di Kabupaten Konawe Selatan untuk menyerap aspirasi masyarakat terkait kenaikan harga pupuk dan obat-obat pembasmi hama pertanian yang dinilai cukup membebani petani.

Kepada sejumlah wartawan di Kendari, Minggu, Yusran Silondae mengatakan, yang dikeluhkan masyarakat di desa itu akan ditampung dan menjadi perhatian anggota DPD RI dalam pengambilan keputusan dengan pimpinan dan anggota pada sidang pengambilan keputusan.

Mantan Wagub Sultra itu mengatakan, saat melakukan kunjungan di wilayah Konawe Selatan yang meliputi meliputi Kecamatan Baito, Palangga dan Buke serta 12 desa terungkap berbagai keluhan yang disampaikan warga yang bertepatan dengan rapat pra Musrenbang.

Dalam pertemuan tersebut senator H Yusran A Silondae mengatakan, meski petani setempat tidak mengungkapkan berapa kenaikan harga pupuk dan obat pembasmi hama, namun diyakini bahwa apa yang disampaikan warga itu hampir sama yang dialami dengan sejumlah daerah di tanah air.

Ia mengatakan, keberadaan DPD RI dalam struktur ketatanegaraan Indonesia dan kebijakan nasional untuk memperkuat ikatan daerah-daerah dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menyerap aspirasi dan kepentingan daerah-daerah dan masyarakat dalam perumusan kebijaksanaan nasional berkaitan dengan negara dan daerah.

Selain masalah harga pupuk dan pembasmi hama pertanian yang dinilai naik, juga kenaikan tarif harga listrik memberatkan beban masyarakat.

Kerusakan jalan desa menghambat transportasi angkutan barang dan jasa hasil produksi pertanian, terbatasnya kewenangan pemerintah desa terkait penggunaan dana desa untuk pembangunan kantor dan balai desa bagi desa yang baru terbentuk.

Di samping itu belum terbentuk Polsek dan Koramil di semua kecamatan.
Sebagai senator, dalam kunjungan di masa reses juga melaksanakan tugas pengawasan terhadap kebijakan pemerintah yang dilaksanakan di daerah terutama pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2017 tentang Pemerintah Desa.

Terutama terkait pembangunan mulai dari desa sejalan dengan program pemerintah daerah Konawe Selatan, yaitu desa maju dan hebat dalam rangka segera terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Yusran Silondae berjanji menindaklanjuti aspirasi yang berkembang di daerah pada pertemuan rapat dengar pendapat dengan Pemerintah/Kementerian dan lembaga terkait lainnya.

Editor: Hernawan Wahyudono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga