Lukman Abunawas Lengkapi Berkas Cagub PDIP

id pilkada

Lukman Abunawas (pakian dinas ASN) menyerahkan kelengkapan berkas pendaftaran bakal Cagub kepada anggota tim deks Pilkada PDI Perjuangan Sultra, Simon Paloan di Kendari, Senin (19/6) (Foto ANTARA/ Agus)

Kendari (Antara Sultra) - Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas melengkapi berkas pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sultra dari PDI Perjuangan di Kendari, Senin.

Anggota Tim Desk Pilkada PDI Perjuangan Sultra Hasan Basri seusai menerima dan memeriksa kelengkapan berkas administrasi bakal cagub tersebut di Kendari, Senin, mengatakan berkas cagub Lukman Abunawas telah memenuhi syarat yang diminta partai kecuali hasil survei tingkat keterpilihan bakal cagub dan rekomendasi dari partai lain belum ada.

"Survei tingkat keterpilihan bakal cagub akan dilakukan oleh lembaga survei independen atas permintaan DPP PDI Perjuangan. Biaya survei ditanggung secara gotong royong oleh seluruh bakal cagub," katanya.

Jadi, ujar dia, syarat hasil survei tingkat keterpilihan calon baru akan dilengkapi setelah lembaga survei independen menyerahkan hasil survei kepada masing-masing bakal cagub.

Sementara rekomendasi dari partai lain yang akan berkoalisi dengan PDI Perjuangan baru akan dilengkapi setelah DPP PDI Perjuangan akan menerbitkan rekomendasi bakal cagub di penghujung seluruh proses penyaringan bakal cagub dan bakal calon wakil gubernur.

"Rekomendasi dukungan dari partai lain diperlukan karena PDI Perjuangan hanya memiliki limakursi dari 45 kursi DPRD Sultra. Untuk mengusung satu pasangan calon gubernur di KPU, PDI Perjuangan masih membutuhkan dukungan partai, minimal memiliki empat kursi," katanya.

Ia mengatakan, setiap bakal cagub, baik dari kader PDI Perjuangan maupun di luar kader partai, memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi cagub Sultra periode 2018-2023 dari PDI Perjuangan.

Siapapun yang kelak direkomendasikan oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan kata dia, harus dihormati oleh semua pihak terutama kader-kader PDI Perjuangan.

"PDI Perjuangan memang memprioritaskan kader internal partai, namun, jika kader sendiri tidak lebih baik dari figur di luar partai, maka DPP partai sangat mungkin mendukung kandidat di luar partai," katanya.

Sampai dengan Senin, jumlah kandidat cagub dan cawagub yang melengkapi berkas pendaftaran di PDI Perjuangan sudah tujuh kandidat. Ketujuh kandidat tersebut terdiri dari enam kandidat bakal cagub dan satu kandidat bakal cawagub.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar