Atlet Berharap Masuk Program PPLP Kemenpora

id karate

Atlet Berharap Masuk Program PPLP Kemenpora

Ilustrasi. (Foto ANTARA)

Kendari (Antara Sultra) - Para atlet dan pelatih cabang olahraga karate berharap masuk menjadi salah satu cabang olahraga binaan program Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Sekretaris Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Sulawesi Tenggara Isnain Kimi di Kendari, Rabu, mengatakan potensi karateka mulai tingkat kadek maupun senior cukup menjanjikan.

"Populasi atlet karate yang tersebar di sejumlah perguruan di Sultra lebih dominan dibandingkan atlet beladiri lainnya sehingga cukup beralasan masuk program PPLP yang dibiayai Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)," kata Isnain.

Potensi karateka Sultra tidak menonjol karena pembinaan yang tidak berkelanjutan.

"Cabang olahraga karate berharap masuk program PPLP karena pembinaan dipastikan berkelanjutan sebab dananya bersumber dari Pemerintah Pusat melalui Kemenpora," katanya.

Kepala Bidang Sarana Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Sultra Dharma Tayeb mengatakan penetapan cabang olahraga masuk program PPLP sepenuhnya menjadi kewenangan Kemenpora berdasarkan prestasi cabang olahraga sejak PON XV tahun 2000 di Surabaya.

"Dispora Sultra akan membantu memfasilitasi harapan Forki Sultra dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar diakomodir di Sekolah Khusus Olahraga (SKO)," kata Dharma.

Atlet pelajar binaan Dispora Sultra berdasarkan kuota dari Kemenpora sebanyak 66 atlet untuk enam cabang olahraga.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar