Tim Penolong Antisipasi Musibah Banjir

id banjir

Ilustrasi. (Foto ANTARA)

Kendari (Antara Sultra) - Tim dari Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) Provinsi Sulawesi Tenggara siaga mengantisipasi musibah banjir karena curah hujan tinggi.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra Yauri di Kendari, Kamis, mengatakan, tim penolong gabungan dari instansi terkait menyiapkan peralatan penyelamatan dan personel sesuai kebutuhan atau kondisi lapangan.

"Curah hujan tinggi mengakibatkan banjir merendam rumah warga di Kota Kendari dan sejumlah titik di Kabupaten Konawe dan Konawe Selatan," katanya.

Tim penolong dari Basarnas bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Kepolisian dan TNI siaga membantu warga.

"Sarana yang diturunkan di lokasi banjir, antara lain, mobil serbaguna untuk dapur umum, perahu karet, dan gergaji rantai," katanya.

Tim gabungan tidak hanya konsentrasi di satu wilayah yang menjadi korban banjir tetapi memantau wilayah-wilayah yang termasuk zona merah rawan musibah banjir.

Ia mengatakan, pemerintah sudah mendistribusikan bantuan bagi korban banjir di Kabupaten Konawe, Kota Kendari, Kolaka Utara dan Konawe.

"Bantuan berupa sarung, selimut dan makanan siap saji sudah diturunkan. BPBD Kabupaten Konawe dan Konawe Selatan terus mengevaluasi kebutuhan korban banjir setempat," kata Yauri.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar