BI Sultra Siapkan Rp1,5 Triliun Ramadhan-Lebaran 2017

id triliun

ilustrasi (foto Antara)

Kendari, Antara Sultra - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Sulawesi Tenggara, menyiapkan uang tunai sebesar Rp1,5 triliun dalam rangka kebutuhan Ramadhan dan Lebaran 2017.

"Prediksi kami permintaan naik jika dibandingkan dengan realisasi uang yang keluar dari Bank Indonesia menjelang Ramadhan dan Lebaran tahun lalu," kata Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sultra, Minot Purwahono, di Kendari, Kamis.

Disebutkan, tahun lalu pihaknya hanya menyiapkan uang tunai RP1,3 triliun pada periode yang sama.

"Bertambahnya jumlah uang tunai yang disiapkan tahun ini karena melihat pertumbuhan ekonomi pada triwulan pertama tahun ini membaik," katanya.

Dikatakan, kesiapan uang tunai tersebut untuk keperluan penukaran uang baru dan yang disalurkan kepada masyarakat melalui perbankan.

Mengenai penukaran uang baru katanya, pihaknya juga akan menggandeng sejumlah bank untuk ikut melayani penukaran uang baru.

"Dalam hal ini Bank Indonesia akan lebih banyak melayani skala besar salah satunya adalah instansi pemerintah," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan melayani penukaran uang baru melalui armada kas keliling di sejumlah titik keramaian.

Dengan semakin banyaknya tempat penukaran uang baru, diharapkan dapat meminimalisasi aktivitas masyarakat melakukan penukaran uang di tempat jasa penukaran uang.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar