Minggu, 22 Oktober 2017

Iain Kendari Pelatihan Penerapan Budaya Kerja "5S"

id kerja-budaya
Iain Kendari Pelatihan Penerapan Budaya Kerja
Rektor IAIN Nur Alim saat berfoto bersama dengan peserta pelatihan budaya kerja 5S di Kendari. (foto Antara/Suparman)
Kendari, Antara Sultra - Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Sulawesi Tenggara, menggelar pelatihan peningkatan produktifitas melalui penerapan budaya kerja 5S untuk meningkatkan kinerja para karyawan.

Rektor IAIN Kendari, Nur Alim di Kendari, Senin, dalam sambutannya mengapresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan kegiatan tersebut karena membantu dalam peningkatan kuantitas dan kapasitas kerja karyawan.

"Produktivitas Institusi sangat bergantung pada produktivitas karyawan, pelatihan ini akan membangun kesadaran bagi karyawan IAIN Kendari dalam menciptakan ruang kerja nyaman untuk kemudian berdampak pada hasil kerja yang lebih baik," katanya.

Budaya kerja 5S merupakan singkatan dari lima kata dalam bahasa Jepang yaitu seiri (ringkas), seiton (rapi), seiso (resik), seiketsu (rawat) dan shitsuke (rajin).

Kegiatan yang dikuti sebanyak 25 orang karyawan IAIN Kendari itu dilaksanakan oleh Fakultas Syariah IAIN Kendari bekerja sama dengan UPTP Balai Pelatihan dan Produktifitas (BPPT) Kendari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia di Aula Perpustakaan IAIN Kendari, Senin.

Menurut dia, ruangan kantor yang rapi, bersih, nyaman dan etos kerja yang tinggi akan sangat membantu karyawan dalam meningkatkan produktivitas.

"Mereka yang menjadi peserta pelatihan diharapkan dapat menerapkan dan menularkan kepada rekan kerja tentang wawasan dan pengetahuan budaya kerja 5S," katanya.

Kepala UPTP BPPT Kendari yang diwakili oleh Mashur Malaka menjelaskan, metode 5S merupakan suatu cara organisasi dalam mengatur dan mengelola ruang kerja dan alur kerja dengan tujuan efesiensi dengan cara mengurangi adanya buangan baik yang bersifat barang atau peralatan maupun waktu.

"Pola kerja yang sesuai 5S akan membantu menciptakan suasana kerja yang nyaman agar produktivitas kerja akan semakin meningkat, harapan kami IAIN Kendari mendapat manfaat dari pelatihan ini," ujarnya.

Dikatakan, Pelatihan yang sama tersebut telah dilaksanakan di berbagai wilayah di Timur Indonesia, antara lain Papua, Maluku dan Ternate yang juga merupakan wilayah kerja UPTP BPPT Kendari.

"Di IAIN Kendari merupakan pelatihan ke empat selama tahun 2017," katanya.

Pelatihan Peningkatanan Produktivitas akan berlangsung selama lima hari 19-24 Maret 2017. Para peserta merupakan perwakilan masing-masing unit kerja di lingkup IAIN Kendari.

Editor: Hernawan Wahyudono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga