Presiden dan Wapres Shalat Jumat Di Monas

id aksi-212

Presiden dan Wapres Shalat Jumat Di Monas

Presiden Joko Widodo (keempat kanan) didampingi Wapres Jusuf Kalla (kedua kanan), Menko Polhukam Wiranto (ketiga kiri) dan Menag Lukman Hakim Saifuddin (kiri) menghadiri salat Jumat saat Aksi Bela Islam III di kawasan silang Monas, Jakarta, Jumat (2/

        Jakarta (Antara News) - Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan Shalat Jumat di kawasan Silang Monas, Jakarta.

        Pantauan Antara di Monas, Jumat, Presiden dan rombongan tampak keluar dari Istana Merdeka dan berjalan menuju Silang Monas dengan pengawalan dari Pasukan Pengamanan Presiden dan juga pengamanan internal dari pelaksana acara Doa Bersama.

        Presiden dan Wakil Presiden kemudian menuju tenda yang ada di dekat panggung utama di Silang Monas dan kemudian menunggu pelaksanaan Shalat Jumat.

        Sejumlah menteri yang mendampingi Presiden antara lain Menko Polhukam Wiranto, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kapolda Metro Jaya Irjen Irawady.

        Di tengah hujan yang mengguyur kawasan tersebut, para jamaah yang hadir mengabadikan kedatangan Presiden dan Wapres dengan kamera foto maupun telepon selular yang mereka bawa meski tidak sampai menghalangi jalan Presiden dan rombongan serta suasana tetap tertib dan tenang.

        Sementara di tenda Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menunaikan shalat Jumat di Monas, Jakarta Pusat, dijaga super ketat oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) secara berlapis.

        Berdasarkan pantauan Antara, tenda tempat Presiden dan Wapres melaksanakan shalat Jumat dijaga dengan pengamanan berlapis.

        Pada lapis pertama, dijaga anggota kepolisian kemudian lapis berikutnya Paspamres yang berdiri berjajar, dan lapis selanjutnya juga Paspamres yang mengenakan seragam hitam dan baret biru.

        Tenda tempat Presiden menunaikan shalat Jumat dilapisi dengan plastik dengan ornamen kain merah dan putih.

        Sepanjang shalat Jumat dilaksanakan, hujan deras mengguyur jamaah shalat yang sekaligus merupakan peserta aksi doa bersama.

        Seluruh jamaah yang mengikuti shalat Jumat basah kuyup tertimpa guyuran hujan.

                                 Puji Aksi

        Presiden Joko Widodo menyampaikan pujiannya kepada ulama dan semua kalangan atas aksi damai dan doa bersama yang dilangsungkan di Monas, Jakarta Pusat, Jumat.

        Kepala Negara yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla melaksanakan sholat Jumat bersama-sama dengan masyarakat yang hadir di acara tersebut.

        Meski hujan, Presiden dan Wapres didampingi sejumlah menteri berjalan dari Istana Kepresidenan menuju Silang Monas.

        Usai melaksanakan sholat Jumat, Presiden sempat memberikan pernyataan singkat yang isinya mengucapkan terima kasih pada para ulama dan masyarakat atas acara yang berlangsung tertib.

        Setelah menyampaikan pernyataan, Kepala Negara beserta rombongan kemudian berjalan menuju Istana Kepresidenan.

        Masyarakat yang hadir dalam acara itu tampak antusias dengan kehadiran Presiden dan Wakil Presiden meski demikian tetap tertib.

         Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyatakan suasana doa bersama 2 Desember 2016 di Monas, Jakarta seperti pelaksanaan ibadah haji di Padang Arafah, Arab Saudi.

         "Kita merasakan betapa indahnya Islam. Kita merasakan bagaimana suasana hari ini seperti suasana pelaksanaan ibadah haji di Padang Arafah," kata Tito di kawasan Monas, Jakarta, Jumat.

         Tito menyatakan semua umat Islam berkumpul di sini dengan suasana damai dan tenteram serta membahagiakan bagi kita semua.

         "Panitia meminta kepada kepolisian untuk memfasilitasi kegiatan di sini sehingga bisa terakomodir dengan baik," ucap Tito.     

         Tito meminta massa aksi doa bersama 2 Desember 2016 mendukung proses hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas dugaan penistaan agama.

         "Saya sangat mohon dukungannya," katanya.

         Kapolri meminta massa untuk doa bersama agar proses hukum terhadap Ahok terus berjalan. "Mari kita berdoa bersama-sama, semoga proses hukumnya terus berjalan, kami akan terus kawal," ucap Kapolri.


Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar