Manado Laksanakan Gerakan 4R Untuk Adipura 2017

id manado

        Manado (Antara News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, meningkatkan upaya pembersihan kota dan melaksanakan gerakan 4R (reduce reuse recycle replace) agar bisa meraih piala adipura pada 2017 nanti.

        "Langkah 4R yakni reduce(mengurangi), reuse(memakai kembali) dan recycle(mendaur ulang) dan replace(mengganti),  memudahkan pemrosesan di tempat pembuangan akhir nantinya," kata Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan, di Manado, Selasa.

         Bastiaan mengatakan, warga Manado harus terus diberikan pemahaman agar sampah diperlakukan dengan benar, mulai dengan memilah antara yang organik dan anorganik sampai pemanfaatannya sehingga benar-benar alam dapat terpelihara.

         Untuk membuat masyarakat sadar, Bastiaan mengatakan, Para kepala wilayah harus bisa mengajak masyarakat untuk membersihkan lokasi tempat tinggalnya masing-masing jangan hanya berharap pada pemerintah saja.

         Menurtnya, kepala wilayah yakni para lurah dan camat harus bisa memotivasi warganya untuk menjaga kebersihan, sehingga masalah sampah bisa teratasi dengan cepat.

         "Kepala wilayah harus bisa memotivasi warganya untuk menjadikan lingkungan bersih dan membuang sampah pada tempatnya dan melakukan pemilahan sebagai gaya hidup sehingga masyarakat akan terpola dan menjaga sendiri kebersihan," katanya.

         Bastiaan mengatakan, dengan memotivasi masyarakat untuk melakukan yang terbaik, maka piala adipura bisa kembali diraih oleh Manado, dan tujuan membuat masyarakat menyadari pentingnya menjaga menjaga kebersihan dapat dilakukan.

         Selain ityu kata Bastiaan, pemerintah sudah menggerakan ASN untuk melakukan kerja bakti bersih-bersih terutama pantai, dan muara sungai dengan tujuan untuk memotivasi masyarakat menjaga kebersihan.

         "Karena itu, kewajiban pemerintah untuk memotivasi warganya menjaga kebersihan dan menjadi sebagai pola hidup sehingga wilayahnya selalu bersih dan teratur," katanya.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar