Kendari Perbanyak Rusunawa Atasi Pemukiman Kumuh

id kdi-kumuh

Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari memperbanyak rumah susun sederhana sewa (rusunawa) sebagai salah satu upaya mengatasi tumbuhnya pemukiman kumuh di daerah itu.

"Harapan kita warga yang berada di pemukiman kumuh bisa memanfaatkan rusunawa yang kita bangun, dari pada berada pada kawasan yang terlalu padat bahkan mengarah kondisi kumuh," kata Wali Kota Kendari, Asrun di Kendari, Kamis.

Selain itu kata Asrun, pemerintah memperbanyak rumah susun sewa sederhana untuk masyarakat ekonomi lemah yang selama ini kesulitan membangun rumah pribadi.

"Rusunawa adalah solusi bagi warga berpenghasilan rendah agar bisa mendapatkan tempat tinggal di tengah tumbuhnya perumahan dewasa ini," katanya.

Menurut dia, rusunawa yang disediakan Pemkot Kendari merupakan salah satu upaya mewujudkan cita-cita besar Pemkot untuk menjadikan Kota Kendari sebagai kota layak huni.

"Rusunawa di Kota Kendari terletak di empat lokasi berbeda yakni di kelurahan Tobuuha Kecamatan Mandonga 96 kamar, Kelurahan Kambu Kecamatan Kambu 98 kamar, Kelurahan Puday Kecamatan Abeli 198 kamar, dan di Kelurahan Baruga Kelurahan Baruga 59 kamar, ada lagi di kompleks PPS Samudra dan di kawasan Pelabuhan Bungkutoko," katanya.

Ia mengaku, akan terus menambah titik-titik pembangunan rusunawa pada tahun-tahun mendatang karena Kota Kendari semakin padat penduduk dan banyak pendatang mencari kerja.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar