Petasan Iringi Takbir Idul Fitri Di Kendari

id petasan1

Kendari (Antara News) - Gema takbir yang menggema di setiap masjid dan pemukiman warga di Kota Kendari diiringi letusan petasan dan aneka warna kembang api.

Pantauan di Kendari, Selasa malam bahwa takbir mulai menggema sejak shalat Magrib dan Shalat Isya menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah.

Umat Islam larut dalam suasana bahagia setelah sidang Isbat memutuskan 1 Syawal 1437 Hijriah atau lebaran Idul Fitri besok Rabu (6/7) tahun 2016.

Warna warni kembang api dan letusan petasan ikut mewarnai suasana haru dan gembira pelaksanaan malam takbir, tahmid dan tahlil di seluruh penjuru wilayah Sultra.

Suasana gembira menyambut datangnya 1 Syawal 1437 Hijriah sebagai hari kemenangan juga menyeruak di kampung-kampung atau di desa-desa di Sultra.

Pengurus masjid Al-Muhajirin Kota Kendari Musafir (27) mengatakan warga menyambut 1 Syawal 1437 Hijriah dengan menggelar takbir di masjid masing-masing setelah ditiadakan takbir keliling.

"Kami menggelar takbir dengan menabur bedug dan menyalahkan obor kemenangan. Kemenangan ini hanya milik umat yang bertaqwa," katanya.

Pengurus masjid juga bergegas menyiapkan lokasi untuk shalat Idul Fitri sekaligus mendistribusikan zakat fitrah, zakat mal, infak dan sedekah yang terkumpul dari umat sekitarnya.

Pada sejumlah pesantren dan rumah yatim piatu terdapat banyak warga muslim yang datang untuk menyalurkan zakat, infak, dan sedekah baik secara perorangan maupun atas nama lembaga masing-masing.

Jalan-jalan utama di Kota Kendari kondusif dan remaja menikmati suasana malam Idul Fitri di pantai teluk Kendari yang membela "Kota Bertaqwa" (motto Kota Kendari).

Suasana di pusat perbelanjaan, seperti di Brylian Plaza Matahari, Lippo Plaza, Felicia, Toko Sepatu Paris dan Loris masih dikunjungi warga yang berbelanja pakaian menyambut Idul Fitri.

Umat Islam juga diimbau untuk tidak berlebih-lebihan merayakan Idul Fitri, dan tetap menjaga keharmonisan dengan warga masyarakat umumnya. "Setiap umat Islam yang beriman pasti menyambut hari raya Idul Fitri dengan gembira dan haru tetapi wujudkanlah dalam aksi-aksi yang humanis dan santun," kata Ustaz H.Muslim.

Kapolres Kendari AKBP Sigit Hariyanto mengatakan warga Kota Kendari diimbau menggelar takbir di masjid agar lebih khusuk. "Sejak beberapa hari lalu sudah beredar imbauan agar tidak melakukan takbir keliling dengan pertimbangan kenyamanan dan kedamaian" katanya.

Pos pengamanan dan pelayanan "Ramadniya 2016" yang beranggotakan tim gabungan dari unsur kepolisian, TNI serta personil terkait siaga di pos masing-masing.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar