25 Anggota DPRD Bombana Resmi Dilantik

id lantik DPRD Bombana

Sebanyak 25 anggota DPRD Bombana periode 2014-2019 resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Hakim Madya Pengadilan Negeri Baubau, Denny Tulangow, SH,MH di gedung utama Sekretariat DPRD Bombana, Kecamatan Rumbia, Senin (1/10).(FOTO-ANTARA/Azis Senong

Bombana  (Antara News) - Sebanyak 25 anggota DPRD Bombana periode 2014-2019 resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Hakim Madya Pengadilan Negeri Baubau, Denny Tulangow di gedung utama Sekertariat DPRD Bombana, Kecamatan Rumbia, Senin.

Pelantikan anggota DPRD Bombana untuk lima tahun ke depan itu melalui sidang paripurna istimewa DPRD yang dipimpin ketua DPRD Bombanana periode 2009-2014, Andhy Ardian dan dihadiri Bupati Bombana H.Tafdil dan Wakil Bupati Hj Masyura Iladamay dan disaksikan ribuan undangan lainnya.

Sekertaris Dewan Bombana, Armin Sarewo saat membacakan surat keputusan Gubernur Sultra nomor: 505 tahun 2014 tanggal 23 September 2014 menyebutkan bahwa dari 25 anggota DPRD Bombana yang dilantik, sebanyak 16 anggota DPRD baru dan sembilan diantaranya merupakan incumbent.

Gubernur Sultra dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Bombana Tafdil menyampaikan selamat kepada anggota DPRD yang baru dilantik dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada mantan anggota DPRD lama.

Namun sebelum sambutan gubernur dibacakan, Sekwan DPRD Sultra juga menyampaikan bahwa setelah berakhirnya masa sidang DPRD lama, maka berdasarkan aturan yang akan memimpin sidang paripurna sementara yang berhak untuk meminpin sidang adalah partai politik pemenang dan perolehan kursi terbesar.

Maka dari 25 anggota DPRD yang dilantik sembilan anggota DPRD dari Partai Amanat nasioanal (PAN) sehingga dinobatkanlah Andi Firman sebagai pimpinan DPRD sementara dan dibantu Ahmad Mujahid sebagai wakil sementara dari Partai Golkar yang memperoleh tiga kursi DPRD dan Partai Persatuan Pembangunan tiga kursi.

Sementara dua kursi masing-masing dari PBB, Nasdem dan Gerindra dan satu kursi masing-masing Partai Demokrat, Hanura, PKS dan PDIP.

Pimpinan Sementara DPRD Bombana, Andi Firman mengatakan, tugas yang dipercayakan sebagai pimpinan dianggap sangatlah berat. karena sesuai kewenangannya harus memfasilitasi terbentuknya berbagai kelengkapan dewan termasuk terbentuknya anggota dan pimpinan DPRD definitif.

"Yang pasti bahwa setelah kami dilantik pada har ini, tentu  harus memperjuangkan aspirasi rakyat di daerahnya sesuai kewenangan yang diamanahkan oleh konstitusi, baik di bidang legislasi, anggaran, maupun pengawasan," ujar politisi muda Partai Amanat Nasional.

Suasana pelantikan anggota DPRD Bombana 2014-2019 berjalan sukses, lancar dan sederhana, meskipun di dalam ruangan sidang paripurna yang hanya bisa menampung kurang dari 200 orang undangan, sehingga pihak sekretariat dewan setempat memasang tenda di luar gedung parlemen itu untuk para undagan dari unsur pejabat pemerintah, pimpinan partai, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan lembaga swadaya masyarakat.

Nampak hadir pada sidang pengambilan sumpah anggota DPRD Bombana di antaranya Kapolres, dan perwira menegah dari TNI, mantan Ketua DPRD Bombana H Abustang dan pejabat Sekretaris Daerah. Kabupaten Bombana, Zulkarnaen.
Pewarta :
Editor: Abdul Azis Senong
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar