Selasa, 24 Oktober 2017

Bupati Wakatobi Jadi Pembicara Pada Konfrensi WCRC

id agus
Bupati Wakatobi Jadi Pembicara Pada Konfrensi WCRC
Bupati Wakatobi, Hugua. (FOTO ANTARA).
Kendari  (Antara News) - Bupati Wakatobi Hugua dipercaya menjadi pembicara pada Konfrensi World Coral Reef Conference (WCRC) di Manado, Sulawesi Utara.

"Sore ini saya berangkat Manado, diundang menjadi pembicara dalam WCRC yang diselenggarakan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jumat besok," kata Bupati Hugua di Kendari, Kamis.

Menurut dia, kegiatan WCRC di Manado tersebut dihadiri peserta dari sejumlah negara, di antaranya Indonesia sebagai tuan rumah, Argentina, Amerika Serikat, Australia, Brazil, Belanda dan Tiongkok.

"Pada kesempatan konfrensi itu, saya akan memaparkan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan di Wakatobi yang memperhatikan prinsip kelestarian dan kesinambungan sumber daya dan ekosistem yang ada, terutama ekosistem terumbu karang," katanya.

Hal penting yang akan dipaparkan dalam materi tersebut kata dia, bagaimana mengelola sumber daya alam kelautan sehingga bisa memberikan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara berkelanjutan dengan tetap menjaga keseimbangan alam atau lingkungan.

Menurut dia, potensi sumber daya alam kelautan yang tersedia di berbagai daerah di Indonesia, bisa menjadi sumber terbesar dari kesejahteraan masyarakat Indonesia, jika pengelolaannya dilakukan secara hati-hati dan tidak mengganggu keseimbangan lingkungan.

Sebaliknya kata dia, jika pengelolaan berbagai potensi sumber daya alam kelautan di sejumlah daerah mengabaikan keseimbangan alam, bukan kesejahteraan masyarakat yang didapat tapi bencana demi bencana yang berdampak pada timbulnya korban jiwa dan kerugian materil atau harta benda.

"Jadi kata kuncinya bagaimana kita menjaga alam sehingga potensi yang terkandung di dalamnya tetap memberikan kemakmuran bagi seluruh rayat Indonesia, bahkan dunia," katanya.

Editor: Abdul Azis Senong

COPYRIGHT © ANTARA 2014

Baca Juga