Rabu, 23 Agustus 2017

Pemkab Konawe Kepulauan Dorong Pemanfaatan Lahan Tidur

id tidur-lahan
Pemkab Konawe Kepulauan Dorong Pemanfaatan Lahan Tidur
ilustrasi (foto Antara)
Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara (Sultra), mendorong masyarakat di wilayahnya untuk pemanfaatan lahan tidur menjadi lahan produktif.

"Kami mengarahkan warga agar tidak membiarkan lahan kosong, dan harus ditanami dengan tanaman bernilai ekonomis yang menjadi ciri khas tanaman Konawe Kepulauan," kata wakil Bupati Konawe Kepulauan, Andi Lutfi, di Kendari, Kamis.

Ia mengatakan, tanaman khas di Konawe Kepulauan adalah kelapa yang sudah dibudidaya oleh masyarakat selama ini dan menjadi penopang utama kehidupan ekonomi warga.

"Selain kelapa, kami juga dorong warga manfaatkan lahan tidur untuk tanaman bernilai ekonomis tinggi lainnya seperti pala, cengkeh, jambu mete dan lada," katanya.

Pemerintah juga kata Lutfi, akan membantu warga dalam peremajaan tanaman kelapa yang sudah termakan usia.

"Banyak tanaman kelapa warga yang sudah berumur anjang, sehingga dari segi produksi sudah menurun. Caranya harus dilakukan peremajaan," katanya.

Ia mengaku, pemerintah pusat melalui Menteri Pertanian Amran Sulaiman sangat mendukung pemerintah daerah dalam mengembangkan sektor pertanian di daerah itu.

"Baru baru ini Menteri Pertanian berkunjung di Konawe Kepulauan dan memberikan suport terhadap pemerintah daerah untuk mengembangkan sektor pertanian," katanya.

Editor: Hernawan Wahyudono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga