Sabtu, 19 Agustus 2017

Legislator Dukung Pemkab Muna Kembangkan Sektor Perkebunan

id muna
Legislator Dukung Pemkab Muna Kembangkan Sektor Perkebunan
Anggota DPRD Kabupaten Muna, Mahmud Muhamad. (Foto ANTARA)
Kendari (Antara Sultra) - Anggota DPRD Kabupaten Muna, Mahmud Muhammad, mendukung langkah pemerintah setempat memulai pengembangan sektor perkebunan, terutama jagung dan tebu, yang potensi di daerah tersebut cukup besar.

"Sebagai wakil rakyat, saya sangat mendukung kebijakan Pemerintah Kabupaten Muna yang mulai mengembangkan sektor perkebunan, terutama perkebunan jagung dan tebu," katanya di Kendari, Senin.

Dia menjelaskan Kabupaten Muna memiliki potensi perkebunan yang cukup besar, terutama tebu dan jagung.

Hampir seluruh lahan di kabupaten tersebut, kata dia, cocok untuk pengembangan semua jenis tanaman perkebunan, baik jagung, jambu mete, kakao, dan tebu.

"Kalau sektor perkebunan di Muna dikelola dan dikembangkan dengan baik maka bukan hanya bisa meningkatkan ksejahteraan masyarakat Muna melainkan juga bisa berkontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional," katanya.

Pada kesempatan sebelumnya, Bupati Muna Rusman Emba mengatakan pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Muna menyediakan lahan untuk pengembangan tanaman jagung hibrida dan perkebunan tebu seluas 30.000 hektare.

Kebijakan menyediakan lahan perkebunan seluas 30.000 hektare tersebut untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan perkebunan agar bisa menjadi sumber ksejahteraan masyarakat.

"Kami Pemerintah Kabupaten Muna telah menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan yang akan menampung produksi jagung hibrida para petani," katanya.

Demikian pula, kata dia, pengembangan tanaman tebu yang akan menjadi bahan baku industri gula, sudah ada perusahaan yang menyatakan keinginan mendirikan industri gula dan mengembangkan tanaman tebu di Muna.

"Dalam waktu dekat, perusahaan yang akan mendirikan industri gula di Muna akan memulai kegiatan pembukaan lahan perkebunan tebu dan memulai pembangunan industri gula," katanya tanpa menyebut perusahaan yang akan mendirikan industri gula tersebut.

Rusman optimistis bahwa pengembangan kedua komoditas perkebunan tersebut bukan hanya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat melainkan juga bisa memicu pertumbuhan ekonomi Muna secara keseluruhan.

"Kami sangat optimistis pengembangan jagung hibrida dan tanaman tebu bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat Muna," katanya.

Editor: Hernawan Wahyudono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga