Sabtu, 23 September 2017

Papua Barat-Jatim Jalin Kerja Sama Perdagangan

id papua
        Manokwari (Antara News) - Pemerintah Provinsi Papua Barat menjalin kerja sama perdagangan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang berlaku untuk setiap komoditas dari sektor pertanian, perikanan, maupun sektor riil lainya.  

        "Nota kesepakatan kerja sama tersebut sudah ditandangani  gubernur Papua Barat dan Jawa Timur," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Papua Barat Goerge Yarangga di Manokwari, Senin.

        Dia menyebutkan kerja sama ini pun berlaku untuk setiap kegiatan pelatihan yang berkaitan dengan peningkatan usaha ekonomi. Kekurangan yang dialami Papua Barat bisa dicukupi dari Jawa Timur, begitu juga sebaliknya.

        George berpandangan bahwa Jawa Timur sudah cukup maju pada sektor perdangangan. Kerja sama ini diharapkan dapat memacu peningkatan produksi komoditas unggulan Papua Barat.

        "Papua Barat punya banyak komoditas unggulan yang perlu dipacu. Kami berharap dinas terkait terus mendorong agar produksinya meningkat," katanya.

        Dia juga berharap para pelaku usaha baik sektor pertanian, perikanan, hingga usaha ekonomi kreatif di daerah ini terus meningkatkan produksinya.  

        Tujuan lain dari kerja sama ini adalah memacu pertumbuhan ekonomi dan mengendalikan inflasi atau kenaikan harga akibat kelangkaan barang.

        "Selama ini pengiriman barang dari Papua Barat ke daerah lain masih berbasis pada sumber daya alam. Ke depan harus meningkat menjadi bahan olahan," katanya.
Menurutnya, pasar sudah terbuka lebar dan siap menampung setiap komoditas unggulan di daerah ini. Ia ingin kerja sama yang sudah terbangun memberi manfaat lebih bagi masyarakat.

Editor: Laode Masrafi

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga