Kendari (Antara News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton  akan menggelar lomba foto budaya yang dimulai 17 - 24 Agustus 2013, yang akan ikuti sejumlah fotografer itu dalam rangka menyambut para peserta Sail Komodo 2013 yang akan singgah di kabupaten tersebut..

Ketua Panitia Lomba, Kadir yang dihubungi melalui telepon dari Buton, Senin pemenang pertama lomba foto budaya bertajuk `Budaya Tua di Dunia` ini berhak mendapatkan hadiah uang sebesar Rp20 juta dan piagam penghargaan dari Pemkab Buton," katanya.

Sedangkan pemenang kedua dan ketiga kata dia masing-masing memperoleh hadiah Rp15 juta dan Rp10 juta juga piagam dari Pemkab Buton.

Selain hadiah utama yang diberikan kepada tiga pemenang tersebut, panitia juga memberikan hadiah kepada dua pemenang favorit I dan favarit II masing-masing Rp8 juta dan Rp5 juta.

Menurut Kadir, obyek pemetroten para peserta lomba foto tersebut berupa tari-tarian dan kegiatan kebudayaan yang dipertontonkan kepada para tamu perseta Sail Indonesia (Sail Komodo 2013) dari berbagai negara yang singgah di Buton.

"Tari-tarian yang akan ditampilkan dalam penyambutan peserta Sail Indonesia itu berupa Tari Mangaru dan tari kolosal yang dimainkan sekitar 10 ribu penari," katanya.

Sedangkan kegiatan kebudayaa kata dia, berupa tradisi budaya masyarakat Buton masa lampau seperti pedole-dole dan kande-kadea yang kini masih tetap dilestarikan masyarakat setempat.

"Hasil karya para peserta lomba yang jadi pemenang lomba itu, akan dipulikasikan ke berbagai media, baik di dalam maupun luar negeri," katanya.

Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar