Sultra Tuan Rumah Harganas Ke-XX  2013

Gubernur Sultra, H Nur Alam, SE, M.Si (Foto-ANTARA/Azis Senong)

"Sebenarnya, kami sudah meminta menjadi tuan rumah Harganas sejak tiga tahun lalu, namun alhamdulillah baru tahun ini kami dipercaya untuk menjadi tuan rumah. Saya tegaskan kai sudah siap menyelenggarakan kegiatan nasional itu,"
Berita Terkait
Kendari,  (Antara News) - Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XX bertempat di Kota Kendari yang akan dilaksanakan akhir Juni 2013.

Gubernur Sultra, Nur Alam, saat memimpin rapat gabungan panitia pusat dan daerah, di Kendari, Rabu mengatakan, persiapan untuk menjadi tuan rumah sudah diminta sejak tiga tahun lalu.

"Sebenarnya, kami sudah meminta menjadi tuan rumah Harganas sejak tiga tahun lalu, namun alhamdulillah baru tahun ini kami dipercaya untuk menjadi tuan rumah. Saya tegaskan kai sudah siap menyelenggarakan kegiatan nasional itu," kata Nur Alam, dihadapan seluruh perwakilan 33 provinsi yang mengikuti rapat gabungan tersebut.

Menururnya, pertemuan seluruh stakeholder yang akan terlibat pada pelaksanaan Harnagas tersebut, sekaligus awal sosialisasi secara resmi plaksanaan kegiatan bersama BKKBN dan PKK Pusat tersebut.

Ia mengatakan, sebagai tuan rumah, Harganas ke-XX ini akan menjadi spirit dan tolak ukur panitia lokal untuk kembali menguji kebolehan karena telah berhasil menyelenggarakan berbagai kegiatan nasional di SUltra, seperti MTQ Nasional, Utsawa Dharma Gita Nasional dan Pesparawi Nasional. "Kami ingin jadikan kegiatan nasional ini sebagai media siar potensi daerah, sekaligus sampaikan kepada masyarakat nusantara bahwa Sultra sudah setara dengan daerah lain di Indonesia dalam keberhasilan melaksanakan kegiatan besar," ujarnya.

Gubernur juga meminta kepada setiap SKPD lingkup Sultra agar membantu dan mendampingi peserta dalam mencari hotel, cari kendaraan, berikan pelayanan medis, agar peserta bisa betah tinggal di Kendari.

Dalam rapat tersebut ditetapkan pembagian tugas masing-masing SKPD di Sultra dalam mendampingi kontingen setiap provinsi.

Kontingen DKI Jakarta akan didampingi SKPD Bappeda Prov SUltra, Jawa Timur akan didampingi BPMPD SUltra dan BPD SUltra, Jawa Barat oleh Dinas Sosial SUltra dan BRI Cabang Kendari, Jawa Tengah oleh Dinas Dikbud SUltra dan Bank Mandiri Cabang Kendari, Yogyakarta oleh DInas Kesehatan SUltra dan Bank Panin Cabang Kendari, Bali oleh Dinas Koperasi dan UKM SUltra dan Bank BTN Cabang Kendari, Sumatera Utara oleh Dinas Nakertrans SUltra dan Kanwil BPN SUltra, SUmatera Barat oleh Badan Ketahanan Pangan SUltra dan BII Cabang Kendari.

Sumatera Selatan oleh DInas Pertanian Sultra dan BKD SUltra, Bengkulu oleh DInas Perkebunan SUltra dan Inspektorat SUltra, Riau oleh DInas Kelautan dan Perikanan SUltra dan Badan Penanaman Modal dan PTSP Sultra, Kepulauan Riau oleh Dinas Perindag Sultra dan Divre Bulog Sultra, Banten oleh BPS SUltra dan Bank Mega Cabang Kendari.

Jambi oleh DInas Perhubungan SUltra, Lampung oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif SUltra, NTT oleh DInas PU SJUltra dan DInas Pemuda Olahraga SUltra, NTB oleh Dinas ESDM Sultra dan Balitbang SUltra, Kalimantan Barat oleh Dinas Kehutanan SUltra, Kalimantan Tengah oleh BLH Sultra dan BNNP Sultra, Kalimantan Timur oleh Kanwil Kemenag SUltra dan Biro Kesra SUltra.

Kalimantan Selatan oleh Biro Adm Perekonomian SUltra dan Biro Umum SUltra, SUlawesi Selatan oleh Badan Dilkat SUltra dan BNI Cabang Kendari, SUlawesi Barat oleh BPKAD SUltra dan Biro Hukum SUltra, SUlawesi Tengah oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB SUltra dan Biro Adm Pembangunan Sultra, SUlawesi Utara oleh Biro Adm Pemerintahan SUltra dan RSU Bahteramas SUltra.

Kemudian Gorontalo oleh Sekretaiat DPRD SUltra dan Biro Humas SUltra, Maluku oleh Badan penanggulangan Bencana Daerah SUltra dan PT Telkom Cabang Kendari, Maluku Utara oleh Rumah Sakit Jiwa Kendari dan Bakorluh SUltra, Aceh oleh DInas Pendapaan SUltra dan Bank Muamalat Cabang Kendari, Bangka Belitung oleh Kanwil Kementerian Hukum dan HAM dan BI Cabang SUltra, Papua oleh Badan Kesbang SUltra dan Biro Organisasi Sultra, Papua Barat oleh Badan Perpustakaan SUltra dan PT PLN Cabang Kendari.

Sebelumnya, ketua Panitia Harganas ke-XX, Vita Gamawan Fauzi mengatakan bahwa kegiatan itu akan diikuti sekitar 5.000 peserta dari seluruh provinsindi Indonesia.

"Ini merupakan momen bagi daerah untuk memperkenalkan potensi daerah terhadap daerah lain melalui peserta yang menghadiri kegiatan ini," katanya.

Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar