Presiden RI SBY Terima PM Jepang Shinzo Abe

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kedua kanan) didampingi Ibu Ani Yudhoyono (kanan) menyalami Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (kiri) dan Ibu Akie Abe (kiri) saat kunjungan kenegaraan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/1). (FOTO ANTARA/Andika Wahyu).

Berita Terkait
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan PM Jepang Shinzo Abe di Istana Merdeka Jakarta, Jumat siang.

PM Shinzo Abe yang didampingi istrinya Akira Abe tiba pada pukul 15:00 WIB dan langsung disambut oleh Presiden Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono.

Sebelumnya Staf khusus Presiden bidang hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan PM Abe akan melakukan kunjungan di Indonesia selama dua hari sejak 18 Januari hingga 19 Januari 2013.

"Dalam kunjungannya ini, PM Jepang akan didampingi oleh istri, Nyonya Akie Abe, dan sejumlah delegasi. Selama berada di Jakarta, PM Jepang akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan menghadiri acara jamuan santap malam kenegaraan," kata Faizasyah.

Dalam pertemuan bilateral, akan dibahas upaya pengembangan kerja sama kedua negara di berbagai bidang, dengan merujuk pada Kemitraan Strategis yang telah disepakati kedua negara pada 2006.

Jepang merupakan salah satu mitra utama kerja sama ekonomi Indonesia, baik dalam konteks perdagangan maupun investasi. Nilai perdagangan bilateral pada 2011 sebesar 53,1 miliar dolar AS. Sementara itu hingga Oktober 2012, nilai perdagangan bilateral mencapai 44,85 miliar dolar AS. Jepang merupakan pangsa pasar utama Indonesia di dunia.

Nilai investasi Jepang pada 2011 mencapai 1,51 miliar dolar AS.  Hingga Oktober 2012, nilai investasi mencapai 1,78 miliar dolar AS.

Faizasyah memandang kunjungan PM Abe merupakan salah satu upaya peningkatan hubungan kerja sama antara kedua negara yang saling menguntungkan.

Sejumlah menteri yang mendampingi Presiden antara lain Menlu Marty Natalegawa, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menkeu Agus Martowardojo, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo, para Kepala Staf Angkatan dan sejumlah menteri lainnya. (ant).

Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar