Minggu, 23 April 2017

Pemkot Kendari Minta Pelaku UMKM Kreatif

id umkm
Pemkot Kendari Minta Pelaku UMKM Kreatif
Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Kendari, Syam Alam. (Foto ANTARA)
"Kreativitas dan inovasi pelaku UMKM tidak hanya bertujuan agar produknya berkualitas, tetapi bisa bersaing secara berkelanjutan,"
Kendari (ANTARA News) - Pemerintah Kota (pemkot) Kendari meminta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu agar lebih kreatif dalam menghasilkan produk.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, UMKM dan Koperasi Kendari, Syam Alam mengatakan, untuk bisa bersaing secara regional dan nasional, maka produk UMKM harus bisa kreatif menciptakan produk yang menarik.

"Selain menarik juga harus memperhatikan kualitasnya, sehingga akan mendapatkan tempat atau nilai jual di pasaran, baik regional maupun nasional," kata Syam Alam.

Menurutnya, kreatifitas dan inovasi para pelaku UMKM akan membuka jaringan pangsa pasar produk yang luas, sehingga hal itu akan mengarah pada peningkatan kesejahteraan.

"Kreativitas dan inovasi pelaku UMKM tidak hanya bertujuan agar produknya berkualitas, tetapi bisa bersaing secara berkelanjutan," ujarnya.

Pemerintah, kata Syam Alam, membantu pelaku UMKM dalam mendapatkan pasar, sehingga produk yang berkualitas tersebut bisa dipasarkan di beberapa daerah di Indonesia.

"Berproduksi banyak tanpa diimbangi pemasaran tentunya tidak akan maksimal hasilnya, sehingga kami harapkan pelaku UMKM bisa fokus berkreasi dan pemerintah yang mencarikan pasaran produk," katanya.

Salah satu cara memasarkan produk UMKM dari Kendari, kata Syam, yakni dengan cara mengikuti kegiatan pameran, baik skala daerah, regional maupun nasional.

"Terbukti, setelah kita mengikuti pameran seperti itu, maka banyak pengusaha yang melakukan pemesanan beberapa produk UMKM dari Kendari, seperti kerajinan mebel, rotan, kain tenun, kerajinan perak dan lain-lain," katanya. (ANT).

Editor: Laode Masrafi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Baca Juga