Baubau (ANTARANews) - Lomba dayung perahu naga akan memeriahkan Festival Pulau Makassar yang akan digelar Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, 18 - 21 Juli 2012.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokm) Badan Infokom Kota Baubau H Nasir di Baubau, Jumat, mengatakan, lomba dayung perahu naga yang akan memeriahkan Festival Puma tersebut akan diikuti sekitar 50 peserta dari tujuh kecamatan di Kota Baubau.

"Panitia penyelenggara akan menyediakan hadiah utama dan hadiah hiburan dalam lomba itu, namun nilainya belum ditentukan," katanya.

Menurut dia, sejak Festival Puma masuk dalam kalender tetap Pariwisata Nasional dan digelar setiap tahun, lomba dayung perahu naga selalu memeriahkan festival tersebut.

"Lomba perahu naga pada setiap tahunnya selalu menyedot banyak penonton, karena peserta bukan hanya dari warga Kota Baubau sendiri akan tetapi juga diikuti turis dari mancanegara," katanya.

Selain lomba dayung perahu naga tersebut panitia juga akan menyelenggarakan snorkeling massal di pesisir pantai Pulau Makassar yang diperkirakan akan diikuti sekitar 2.000 orang.

"Tahun lalu, kegiatan snorkeling massal di pesisir pantai Pulau Makassar itu diikuti sekitar 1.500 peserta," katanya.

Menurut dia, snorkeling massal yang diikuti peserta dari segala tingkatan usia itu digelar untuk menumbuhkan rasa cinta wilayah pesisir, terutama keindahan alam bawah laut dengan beragam jenis terumbu karangnya kepada masyarakat.

Diharapkan ujarnya, dengan sering melihat keindahan alam bawah laut, masyarakat tidak akan melakukan aktifitas yang bisa merusak terumbu karang.

"Dua kegiatan itu, lomba dayung perahu naga dan snorkeling massal, digelar untuk menumbuhkan rasa cinta laut dengan segala ekosistemnya terhadap masyarakat Kota Baubau yang merupakan kota pantai," katanya.(ANT).

Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar