Nur Alam : “Jangan Politisir Pemekaran”

Gubernur Sultra, Nur Alam. (Foto ANTARA)

"Saya minta agar kita semua tidak terpengaruh dengan info-info yang tidak jelas soal pemekaran dan janganlah mempolitisir soal masalah pemekaran ini karena urusannya sudah jelas,"
Berita Terkait
Kendari (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam menghimbau warga Pulau Wawonii agar tidak terpancing dengan informasi yang tidak jelas soal masalah pemekaran kabupaten/kota di Sultra,  apalagi mempolitisir seakan-akan pemekaran daerah di Sultra hanyalah kerja orang-orang tertentu saja.

"Saya minta agar kita semua tidak terpengaruh dengan info-info yang tidak jelas soal pemekaran dan janganlah mempolitisir soal masalah pemekaran ini karena urusannya sudah jelas," ujar Nur Alam di hadapan ratusan Warga Kecamatan Wawonii Tengah di Lampeapi Kamis malam (14/6) melalui press release dari Biro Humas Pemprov Sultra yang diterima ANTARA, Jumat.

Menurut gubernur, pemekaran  wilayah di Sultra sudah diatur melalui mekanisme yang jelas yakni adanya persetujuan bupati dan DPRD kabupaten induk serta rekomendasi gubernur.

"Khusus rencana pemekaran Konawe Kepulauan saat ini sudah hampir rampung  dan tinggal menungu finalisasi dari Tim Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) Departemen Dalam Negeri," ujarnya seraya menghimbau seluruh masyarakat Pulau Wawonii agar segera berbenah untuk menghadapi terbentuknya kabupaten baru itu.

Gubernur juga memahami bahwa persoalan utama dan krusial yang dihadapi masyarakat Wawonii saat ini antara lain masalah infrastruktur seperti jalan penghubung atau jalan lingkar Wawonii yang sampai saat ini belum tuntas, selain masalah kelistrikan dan air bersih serta sarana pelayanan kesehatan yang masih sangat minim.

Pada kesempatan itu gubernur memaparkan bahwa jika dengan berubahnya status Wawionii menjadi kabupaten baru berarti status jalan lingkar juga naik menjadi jalan propinsi.  Dengan begitu jalan lingkar di Pulau Wawonii menjadi  urusan Pemerintah Provinsi dan akan mendapat alokasi dana dari APBD Provinsi Sultra.

“Saya sudah instruksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum Sultra untuk mendata dan menghitung seluruh biaya pekerjaan jalan lingkar, dan Insya Allah jalan lingkar ini diusahakan diaspal mulai tahun ini secara bertahap," ujar gubernur disambut aplaus dari masyarakat.

Di acara tersebut gubernur juga menyerahkan bantuan penyelesaian panggung kesenian Kecamatan Wawonii Tengah sebesar Rp50 juta serta bantuan usaha budidaya rumput laut untuk masyarakat pesisir di Wawonii Tengah. (ANT).

Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar