Menkokesra Resmikan Pandu Gerbang Kampung Di Konawe

Menkokesra RI Agung Laksono yang didamping Gubernur Sultra Nur Alam, Staf Ahli Menkokesra Djoharis Lubis, Ny Silvia A.A Laksono dan Ny. Tina Nur Alam, menandatangani prasasti di Kelurahan Abeli Sawah, Kec. Sampara, Kab. Konawe, Sabtu (17/12). (Foto Antara/Azis Senong)

"Jadi program gerbang desa ini merupakan luncuran dari beberapa kementerian di bawah koordinator Menko Kesra seperti dari Menkes, Menteri Koperasi, Menkominfo, Memperindag, Menteri Perumahan, Mensos dan masih banyak lagi kementerian yang terlibat lan
Berita Terkait
Kendari (ANTARA News) - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksosno, Sabtu, meresmikan Pandu Gerbang Kampung di Desa Abelisawah, Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Peresmian gerbang kampung yang terletak pada perbatasan Kota Kendari dengan Kabupaten Konawe itu dihadiri Gubernur Sultra, H Nur Alam, Wakil Gubernur HM Saleh Lasata dan Bupati Konawe H Lukman Abunawas.

Program Pandu Gerbang Kampung itu bertujuan guna meningkatkan kemandirian desa- kelurahan yang menjadi benteng pertahanan nasional.

Menurut Menko Kesra, model uji coba pandu gerbang kampung di salah desa Kabupaten Konawe itu dinilai cukup berhasil sebagaimana dengan desa-desa lain di lima provinsi yang mendapatkan program tersebut.

"Jadi program gerbang desa ini merupakan luncuran dari beberapa kementerian di bawah koordinator Menko Kesra seperti dari Menkes, Menteri Koperasi, Menkominfo, Memperindag, Menteri Perumahan, Mensos dan masih banyak lagi kementerian yang terlibat langsung dalam program itu," katanya.

Sebelumnya, Staf Ahli Menko Kesra Bidang Percepatan Daerah Tertinggal (PDT) dan Perbatasan Negara sekaligus Koordinator Pandu Gerbang Kampung, Djoharis Lubis menegaskan, pentingnya peran serta desa dalam menanggulagi kemiskinan.

"Kemandirian pemerintah daerah harus efektif dalam menuntaskan kemiskinan dan mengembangkan potensi lokal," kata Djoharis Lubis.

Ia mengatakan program Pandu Gerbang Kampung di Desa Abelisawah Kecamatan Sampara itu dinilai cukup berhasil, berkat dukungan semua pihak dibawah koordinasi bupati Konawe, H Lukman Abunawas.

Menurut dia, sebagai pertahanan nasional terakhir di tingkat desa yang berhubungan langsung dengan masyarakat, maka membangkitkan desa sama juga dengan menggerakkan seluruh masyarakat untuk merealisasikan program-program pemerintah.

Program pandu gerbang kampung juga telah dilaksanakan di beberapa kabupaten seperti di Minahasa Sulut, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan dan Kota Semarang, Jawa Tengah.

Bupati Konawe, Lukman Abunawas menyampaikan rasa terima kasih kepada pemrintah pusat atas ditetapkannya Desa Abelisawah sebagai program nasional Pandu Gerban Kampung tahun 2011.

Usai meresmikan Pandu Gerbang Kampung, Menko Kesra bersama Ny Sylvia Amelia Agung Laksono dan didampingi Ny Hj Tina Nur Alam juga mengunjungi Program Pendidikan Anak Usia Dini (PUAD) Holistik-Integratif, Desa Padeleu Kecamatan Sampara.

Sebelumnya, Menko Kesra menyerahkan bantuan sedikit 11 jenis barang dari berbagai kementerian seperti Pembangunan rumah pintar, penyerahan bantuan rumah baru 120 unit untuk masyarakat kurang mampu, bantuan sarana MTC, radio komunitas masyarakat, bantuan bibit ikan air tawar, serta bantuan sarana kapal bagi nelayan pesisir di Konawe. (Ant).

Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar